Cari Duit di Internet: Kerja Online Sebagai Freelancer

Sekarang jaman online, segalanya serba online. Belanja online, jualan, nonton video online, ngobrol online, main game online, cari jodoh online, termasuk cari duit online. Mungkin sebagian pengguna internet cuma tahu beberapa cara yang paling umum untuk cari duit di Internet, yaitu antara lain jualan barang, atau dari pemasangan iklan (kalau sudah punya blog / web / forum yang banyak pengunjungnya). Sebenarnya masih banyak lagi cara lain untuk dapat duit dari Internet. Salah satunya adalah kerja sebagai freelancer secara online.

Kalau kamu punya suatu keterampilan / skill, kamu bisa cari proyek yang membutuhkan skill kamu itu. Misalkan kamu bisa editing foto / gambar menggunakan Photoshop. Atau kamu jago mendesain logo. Atau mungkin kamu suka menulis artikel. Atau kamu seorang programmer web. Dan sebagainya.  Kamu bisa cari duit dari proyek-proyek sampingan, sebagai freelancer.

Biasanya freelancer mencari proyek secara offline, yaitu ketemu langsung. Info mengenai proyek biasanya didapat dari teman atau kenalan. Setelah ketemu dengan orangnya, diskusi mengenai proyeknya, termasuk ruang lingkup dan durasi pengerjaan. Kemudian berlanjut dengan negosiasi harga. Kalau semua sudah disepakati, dimulailah proyeknya. Selama proses pengerjaan, komunikasi bisa dilakukan dengan ketemu langsung atau lewat telepon / email / chatting. Dan setelah proyek selesai, dan pemilik proyek puas dengan hasilnya, maka dibayarlah si freelancer, biasanya lewat transfer bank atau tunai.

Di Internet, ada beberapa situs yang memfasilitasi freelancer dan pemilik proyek untuk saling bertemu. Kalau kamu bisa bahasa Inggris, kamu bahkan bisa masuk ke situs freelancer internasional, untuk mendapatkan proyek dari segala penjuru dunia.

Salah satu situs freelancer yang aku ikuti adalah Freelancer.com. Situs ini berpusat di Australia, dan dalam perjalanannya selama lebih dari 15 tahun, situs ini sudah mengakuisisi beberapa situs freelance lain, seperti GetAFreelancer.com, LimeExchange.com, Scriptlance.com, Rent-A-Coder.com dan vWorker.com. Situs Freelancer.com juga tersedia dalam bahasa Indonesia. Tetapi sampai saat ini, masih belum banyak proyek yang dipasang oleh orang Indonesia, sehingga kalau ingin dapat proyek yang lebih banyak, memang harus bisa bahasa Inggris. Terutama karena komunikasi dengan para pemilik proyek dari negara lain sebagian besar menggunakan bahasa Inggris.

Aku pertama kali cari proyek di Freelancer.com sekitar akhir tahun 2010. Selama sekitar 3-4 bulan aku dapat belasan proyek. Setelah itu aku sempat vakum selama lebih dari 4 tahun. Sekitar pertengahan tahun 2015 ini, aku mulai aktif lagi cari proyek di Freelancer.com.

Di Freelancer.com terdapat berbagai kategori proyek, antara lain kategori IT (pemrograman dan sejenisnya), kategori desain grafis, kategori data entry / administratif, kategory penulisan artikel, dan lain-lain. Aturan mainnya tidak rumit. Setiap freelancer menentukan sejumlah skill yang dia punya. Kemudian dia bisa melakukan pencarian sendiri (searching/browsing), atau menunggu informasi proyek yang sesuai dengan skill yang sudah dia pilih. Apabila si freelancer berminat untuk mengerjakan suatu proyek, dia bisa mengajukan penawaran harga dan waktu pengerjaan.

Si pemilik proyek (employer) akan menerima penawaran dari banyak freelancer, dan kemudian memilih salah satu freelancer sebagai pemenang proyek. Selanjutnya pengerjaan proyek dimulai, dan setelah selesai, employer akan membayar si freelancer sesuai dengan harga yang sudah disepakati dalam penawaran.

Banyak hal yang lebih rinci terkait proses mencari & mengerjakan proyek di situs itu, dan berbagai suka-duka kerja sebagai freelancer online., yang akan aku tulis dalam artikel selanjutnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *