Mencari Sheet Music Lagu Anak-Anak Indonesia

Beberapa waktu yang lalu aku memasukkan kedua anakku dalam les piano untuk anak-anak. Berhubung masih anak-anak, tentu saja mereka mulai dari pelajaran paling dasar: mengenal tuts piano, mengenal not balok, dan belajar memainkan lagu-lagu sederhana.

Lagu-lagu sederhana yang diajarkan dibuat dalam bentuk sheet music (partitur) sederhana, yang dicetak dengan komputer. Lagu-lagu sederhana yang pertama diajarkan bukan lagu-lagu yang biasa dikenal oleh mereka, jadi aku tertarik untuk mencarikan sheet music lagu anak-anak Indonesia untuk mereka pelajari dan mainkan.

Setelah mencari-cari di Google dengan berbagai keyword, termasuk mencari di Image search, aku tidak berhasil menemukan sheet music lagu anak-anak Indonesia yang populer. Bukan hanya tidak menemukan sheet music yang sederhana untuk anak-anak belajar musik, malahan aku hampir tidak menemukan satupun.

Aku agak heran, kenapa sulit sekali menemukan sheet music lagu anak-anak Indonesia yang bisa digunakan oleh anak-anak belajar musik. Jangankan yang gratisan, bahkan yang komersil/berbayarpun sulit ditemukan.

Akhirnya aku memutuskan mencoba membuat sendiri sheet music yang mudah dipelajari anak-anak yang baru belajar bermain musik/piano.

Setelah mencari-cari website yang menyediakan fasilitas (gratis) untuk membuat sheet music, aku memilih Noteflight. Website ini menyediakan fasilitas menulis, memainkan, menyimpan dan mencetak sheet music. Fasilitas editing-nya cukup canggih dan intuitif (bagi mereka yang punya sedikit pengetahuan tentang sheet music). Di samping itu, sheet music yang sedang ditulis juga bisa dimainkan, sehingga memudahkan kita untuk langsung membuat penyesuaian pada tinggi/rendahnya nada, atau panjang/pendeknya nada, dan sebagainya, hingga mencapai apa yang diinginkan si penulis.

Berhubung aku tidak memiliki pengetahuan menulis musik yang cukup, aku banyak mengandalkan pada fitur memainkan sheet music untuk mengetahui apakah nada-nada yang aku tulis sudah tepat, enak didengar dan mudah dimainkan.

Setelah berhasil menulis sheet music untuk satu lagu, hasilnya lalu aku print dan aku berikan kepada anak-anakku untuk coba dimainkan. Melihat mereka cukup antusias belajar main piano memainkan lagu yang sudah mereka kenal, dan sulitnya aku menemukan sheet music lagu anak-anak Indonesia seperti itu di internet, akhirnya aku memutuskan membuat sheet music untuk beberapa lagu anak-anak, untuk dibagikan juga di internet. Siapa tahu ada yang membutuhkan, dan agar lagu anak-anak Indonesia terus dikenal dan digemari oleh anak-anak Indonesia.

Berikut ini beberapa sheet music yang aku buat, dan link ke videonya yang aku upload ke Youtube. Silakan digunakan dan disebarluaskan, asalkan bukan untuk tujuan komersil. Seluruh hak cipta lagu-lagu ini adalah milik para penciptanya.


 

Judul lagu : Topi Saya Bundar

Penulis : Pak Kasur

Topi Saya Bundar (PDF)

 

Topi Saya Bundar

 

 


 

Judul lagu: Cicak-Cicak di Dinding

Penulis: A.T. Mahmud

Cicak-Cicak di Dinding (PDF)

Cicak-Cicak di Dinding


 

Judul lagu: Dua Mata Saya

Penulis: Pak Kasur

Dua Mata Saya (PDF)

Dua Mata Saya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *