Calculating Logarithmic Spiral with Constant Arc Length

What is a logarithmic spiral? How is it different from Archimedean spiral?

In an Archimedean spiral, the distances of intersection points along a line that goes through the origin of the spiral are constant. An illustration of an Archimedean spiral follows:

Archimedean Spiral
An archimedean spiral. Source: http://faculty.nps.edu/ncrowe/spie10.htm

Whereas in a logarithmic spiral, the distances of intersection points along a line that goes through the origin of the spiral are growing exponentially. An illustration of a logarithmic follows:

Logarithmic Spiral
A logarithmic spiral. Source: https://sites.google.com/site/conchshellphysicalmodel/home

Continue reading Calculating Logarithmic Spiral with Constant Arc Length

Cari Duit di Internet: Kerja Online Sebagai Freelancer

Sekarang jaman online, segalanya serba online. Belanja online, jualan, nonton video online, ngobrol online, main game online, cari jodoh online, termasuk cari duit online. Mungkin sebagian pengguna internet cuma tahu beberapa cara yang paling umum untuk cari duit di Internet, yaitu antara lain jualan barang, atau dari pemasangan iklan (kalau sudah punya blog / web / forum yang banyak pengunjungnya). Sebenarnya masih banyak lagi cara lain untuk dapat duit dari Internet. Salah satunya adalah kerja sebagai freelancer secara online.

Kalau kamu punya suatu keterampilan / skill, kamu bisa cari proyek yang membutuhkan skill kamu itu. Misalkan kamu bisa editing foto / gambar menggunakan Photoshop. Atau kamu jago mendesain logo. Atau mungkin kamu suka menulis artikel. Atau kamu seorang programmer web. Dan sebagainya.  Kamu bisa cari duit dari proyek-proyek sampingan, sebagai freelancer.

Continue reading Cari Duit di Internet: Kerja Online Sebagai Freelancer

Video Kreasi Anak Kelas 6 SD

Pagi tadi anakku yang sulung, kelas 6 SD, memamerkan video hasil kreasinya di komputer. Idenya memang tidak orisinil, tapi ini “one small step for man, one giant leap for mankind”… (oke, mungkin tidak sedahsyat itu, tapi paham kan apa hubungannya dengan kalimat Neil Armstrong itu?)

Ini dia videonya

Videonya dibuat menggunakan Windows Movie Maker. Dulu di sekolah dia pernah diajari membuat video, kemudian coba-coba sendiri sambil cari ide dari berbagai sumber, dan itulah hasilnya. Kreatif, bukan?

Mencari Sheet Music Lagu Anak-Anak Indonesia

Beberapa waktu yang lalu aku memasukkan kedua anakku dalam les piano untuk anak-anak. Berhubung masih anak-anak, tentu saja mereka mulai dari pelajaran paling dasar: mengenal tuts piano, mengenal not balok, dan belajar memainkan lagu-lagu sederhana.

Lagu-lagu sederhana yang diajarkan dibuat dalam bentuk sheet music (partitur) sederhana, yang dicetak dengan komputer. Lagu-lagu sederhana yang pertama diajarkan bukan lagu-lagu yang biasa dikenal oleh mereka, jadi aku tertarik untuk mencarikan sheet music lagu anak-anak Indonesia untuk mereka pelajari dan mainkan.

Setelah mencari-cari di Google dengan berbagai keyword, termasuk mencari di Image search, aku tidak berhasil menemukan sheet music lagu anak-anak Indonesia yang populer. Bukan hanya tidak menemukan sheet music yang sederhana untuk anak-anak belajar musik, malahan aku hampir tidak menemukan satupun.

Continue reading Mencari Sheet Music Lagu Anak-Anak Indonesia

Cheryl’s Birthday (Menurut Logikaku)

Sudah baca tentang soal matematika dari sebuah sekolah di Singapura dan disebut-sebut termasuk level olimpiade?

cheryl's brithday (the math test)
cheryl’s birthday (the math test) – https://www.facebook.com/kennethjianwenz

Kabarnya soal ini ditujukan untuk siswa setingkat kelas 5 SD atau kelas 3 SMP (entah mana yang benar). Soal semacam ini menguji kemampuan kita dalam menggunakan logika, bukan sekedar menguji keterampilan kita berhitung.

Sudah coba menjawabnya? Atau sudah baca analisa jawabannya, yang banyak beredar di media sosial? Sudah ataupun belum, silakan baca analisa menurut logikaku, berikut ini.

Continue reading Cheryl’s Birthday (Menurut Logikaku)

Belajar Tentang Exposure

Dalam fotografi, salah satu aspek teknis yang sangat penting adalah exposure. Definisi exposure, sederhananya (menurut pemahamanku), adalah: jumlah cahaya yang masuk melalui lensa dan ditangkap di media film atau sensor di badan kamera sebagai sebuah gambar. Kalau exposure terlalu rendah, maka gambar yang dihasilkan menjadi terlalu gelap, dan disebut underexposed. Kalau exposure terlalu tinggi, maka gambar menjadi terlalu terang, dan disebut overexposed.

Continue reading Belajar Tentang Exposure

Time Horizon Dalam Berinvestasi

Dalam dunia investasi, ada konsep yang disebut time horizon (cakrawala waktu). Jika didefinisikan secara sederhana, arti dari time horizon adalah perencanaan masa berinvestasi sampai dengan saat ketika hasil dari investasi itu ingin diambil / dinikmati.

Time horizon bukan semata-mata batasan waktu yang ketat dan harus diikuti dengan tegas seperi perjanjian atau kontrak. Time horizon lebih bersifat sebagai guidance (panduan), pada saat membuat rencana, analisa, dan keputusan. Sebagai panduan dalam aspek waktu, time horizon akan mempengaruhi pertimbangan seorang investor dalam mengelola investasinya.

Continue reading Time Horizon Dalam Berinvestasi

Interstellar, an Experience of a Lifetime

Ibarat menu makanan, Gravity adalah appetizer. Main course-nya adalah Interstellar.

Akhir tahun 2013 lalu, aku “mengalami” film Gravity. “Mengalami” adalah terjemahan literal dari ungkapan bahasa Inggris “to experience”. Karena, buatku, film semacam Gravity tidak hanya sekedar ditonton. Tidak cukup hanya sekedar mengikuti jalan ceritanya. Karena Gravity adalah sebuah pengalaman baru menjelajahi angkasa luar, melalui sebuah film.

Continue reading Interstellar, an Experience of a Lifetime

Harga BBM Naik!!!

Berita besar hari ini adalah kenaikan harga Bahan Bakar Minyak (BBM) yang berlaku sejak tanggal 18 November 2014 pukul 00:00.

Sebenarnya istilah yang lebih tepat adalah “kenaikan harga BBM bersubsidi”, karena yang dinaikkan harganya adalah BBM Pertamina jenis Premium dan Solar yang mendapatkan subsidi dari pemerintah. Sedangkan BBM Pertamina lainnya (Pertamax, Pertamax Plus, Pertamina Dex, dll) yang tidak mendapatkan subsidi dari pemerintah, harganya memang selalu berubah mengikuti harga pasar. Dan tentu saja, demikian pula dengan BBM yang disalurkan oleh selain Pertamina (Shell, Total, dan dulu ada Petronas juga), juga tidak mendapatkan subsidi pemerintah.

Continue reading Harga BBM Naik!!!

Belajar Fotografi Digital: Antara Asyik dan Frustasi

Belajar fotografi digital memang mengasyikkan, tapi kadang juga bikin frustasi.

Asyiknya adalah waktu mempelajari berbagai fitur dan fasilitas yang tersedia di kamera digital yang dipakai. Asyiknya adalah waktu mencoba berbagai teori dan teknik dasar pada saat memotret. Asyiknya adalah waktu melihat-lihat hasil jepretan, di layar komputer. Asyiknya adalah waktu mencoba mengolah foto karya sendiri di komputer menggunakan software pengolah foto digital. Asyiknya adalah waktu berkumpul dengan sesama pehobi fotografi, hunting foto bareng-bareng.

Continue reading Belajar Fotografi Digital: Antara Asyik dan Frustasi